
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Menjaga Keutuhan Negara Indonesia Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 010 Sekatak
Pengarang : Christi Nuryani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menjaga keutuhan negara indonesia pada siswa kelas v sdn 010 sekatak. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus i yaitu 17% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 83% siswa tidak tuntas. mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu 92% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 8%. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus i yaitu 25% siswa telah tuntas sedangkan 75% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus ii pada aspek afektif yaitu 92% siswa telah tuntas sedangkan hanya 8% siswa tidak tuntas. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus i yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 25% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 75% mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu siswa yang tuntas yaitu 83% dan tidak tuntas yaitu 17%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar pkn pada materi menjaga keutuhan negara indonesia pada siswa kelas v sdn 010 sekatak. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific, menjaga keutuhan negara indonesia
Abstrak Indonesia
This study aims to improve student learning achievement in indonesia maintain the integrity of the material in class 010 sekatak sdn. this type of research is used by researchers is classroom action research (car). classroom action research (car) is carried out in two cycles, each of the four components of the planning (planning), action (action), observation (observation), and reflecting (reflection). data collection techniques used were tests and non-test. the data collection instrument used was a test of learning achievement, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets, and observation of student activity sheets in the management of learning. average completeness results in the classical student learning in the psychomotor aspects of the first cycle that is 17% of students found to have completed while 83% of students do not complete. has increased in the second cycle is 92% completed while the student was declared incomplete 8%. average completeness results in the classical student learning on the affective aspects of the first cycle that 25% of students have completed while 75% of students did not complete the second cycle increased the affective aspects, namely 92% of students have completed while only 8% of students do not complete. average completeness results in the classical student learning in the cognitive aspects of the first cycle that students who have completed the 25% who did not complete while the 75% increase in the second cycle students who completed the 83% and not the 17% complete. based on the results of this study concluded that by implementing the use of a scientific approach can improve learning achievement civics in the material maintain the integrity of the indonesian state in class 010 sekatak sdn. keywords: learning achievement, scientific approach, maintaining the integrity of the indonesian state