
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Gerak Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas IV SDN 008 Kecamatan Peso
Pengarang : Cendanawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi energi gerak dengan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas iv sdn 008 peso tahun pembelajaran 2013/2014. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar penilaian psikomotorik siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek afektif untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 25,2. kemudian untuk aspek psikomotorik rata-rata yang diperoleh siswa dari semua aspek penilaian juga mengalami peningkatan dari siklus i ke siklus ii sebesar 16. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii sebesar 21,5%. maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 71,4% meningkat menjadi 92,9% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas iv sdn 008 peso tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar ipa, pendekatan scientific, sdn 008 peso
Abstrak Indonesia
Classroom action research aims to increase natural sciences learning achievement about moving energy using scientific approach for the fifth grade of sdn 008 peso in academic years 2013/2014. classroom action research has done two cycles. it is consists of four steps they are planning, acting, observing and reflecting. collecting data technique was used that consists of three steps. they are preparing, acting and reporting. collecting data instrument was used as the result of the teaching and learning test, students' affective scoring sheet. students' psychomotor scoring sheet and teacher's observing activity sheet in teaching and learning. the average of the students' achievement in affective aspect to all aspect that students was obtained at cycle i to cycle ii increased 25, 2. on the other side of psychomotor aspect the average score to all aspect that students was obtained at cycle i to cycle ii increased 16 %. whereas the average of the achievement to cognitive aspect increased from cycle i to cycle ii 21, 5%. so, the percentage of the students' achievement in teaching and learning as classical at cycle i 71,4% increased to be 92, 9% at cycle ii. the conclusion of classroom action research is applying scientific approach for fifth grade of sdn 008 peso in academic years 2013/2014 can increase the students' achievement. key of terms: learning achievement, natural sciences, scientific approach, sdn 008 peso