
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Dan Penggunaannya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 001 Peso
Pengarang : Bawan Bagie
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar ipa materi sumber daya alam dan penggunaannya metode pembelajaran dengan pendekatan demontrasi pada siswa kelas v sdn 001 peso. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas v sdn 001 peso dengan jumlah siswa 30 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang bentuk isian dan pilihan ganda, yang mengunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada tiap-tiap siklus.hasilnya adalah siklus i yang tuntas 13 orang dan siklus ii meningkat menjadi 21 siswa.maka dapat di ambil kesimpulan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar ipa sdn 001 peso kelas v. kata kunci: model pembelajaran demontrasi, hasil belajar ipa
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to improve student’s learning achievement on social science at grade v sdn 001 peso through demonstration learning model. this research was conducted in two cycles. the first cycle was conducted on 5 may 2014 and the second cycle was conducted on 8 may 2014 on the second semester of academic year 2013/2014. each cycle consists of four phases or stages that was planning. acting implementing, observing, reflecting. the instruments used to collect data were achievement test and observation sheets for teacher and students. the learning achievement of students in cycle on achieved the indicator of success 65,5% from the 30 students whereas in cycle two student’s learning achievement increased to 78,3% from the 30 students. based on the data analysis technique, it could he concluded that the use of demonstration learning model can improve student’s learning achievement on social science at grade v at sdn001 peso. it was proved by the scores of students which fulfill the indicator of success and the criteria of minimum competence. keywords: demonstration learning model, learning achievement on social science