UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Panas Dan Bunyi Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Barat

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Panas Dan Bunyi Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Barat

Pengarang : Baun Laing

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan sebagian besar siswa bahwa pengetahuan harus di hafalkan dan guru yang cendrung kurang kreatif dan memberdayakan potensi siswa. untuk itu diperlukan sebuah strategi atau pendekatan yang melibatkan siswa dalam proses belajar, tukar pendapat, diskusi dan persentasi. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan pendekatan scientific dikelas iv sdn 006 tanjung palas barat, bagaimana respon siswa terhadap pendekatan ini, bagaimana hasil belajar siswa setelah pendekatan scientific diterapkan,dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dalam menggunakan pendekatan scientific. subyek penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 006 tanjung palas barat berjumlah 20 siswa. hasil belajar dan aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar kerja siswa dipertemuan pertama dan lembar tes hasil belajar pada akhir siklus serta pengisian lembar obsevasi aktivitas siswa yang diisi olh peneliti sendiri dan lembar observasi aktivitas guru yang diisi oleh observator. hasil analisis data penelitian diperoleh nilai pada aspek afektif siklus i mencapai ketuntasan 50% dengan siswa yang tuntas berjumlah 10 orang yang tuntas di siklus ii mencapai ketuntasan 90%dengan jumlah siswa 18 orang yang tuntas.pada aspek psikomotor siklus i mencapai ketuntasan 65% dengan jumlah siswa yang tuntas 13 orang yang tuntas di siklus ii mencapai ketuntasan 75%dengan siswa yang tuntas berjumlah 15orang yang tuntas. pada aspek kognetif siklus i mencapai ketuntasan 45% dengan jumlah siswa 9 orang yang tuntas dan isklus ii mencapai ketuntasan 75% dengan jumlah siswa 15 orang yang tuntas. jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas bunyi di sdn 006 tanjung palas barat. kata kunci: pendekatan scientific, hasil belajar

Abstrak Indonesia

This research is motivated by the view that most of the students that knowledge should be memorized and teachers who tend to be less creative in the empowering potential of the students. for that we need a strategy or approach engages students in the learning process, brainstorming, discussion and presentations. the purpose of this study is to find out how to use a scientific approach in class iv elementary school 006 west tanjung palas, how the students’ response to this approach, how the learning outcomes of students after scientific approach is applied, and to know what the learning outcomes of students after scientific subjects of this study were 006 fourth grade students of sdn tanjung palas west totaled 20 students. learning outcomes and student activity obtained using the first dipertemuan students' worksheets and test sheets learning outcomes at the end of the charging cycle and observation of student activity sheet filled out by the researchers themselves and observation sheets filled out by the teacher activity observatory. the results of the analysis of research data obtained scores on the affective aspects of the first cycle reaches 50% completeness with student who completed about 10 people who finished in second cycle reaches 90% completeness by the number of students who pass the 18 people. in the first cycle psychomotor aspects achieve mastery 65% the number of students who completed the 13 cycles were completed in the second reach 75% mastery by students who completed totaling 15 people who finished. in the first cycle of cognitive achieve mastery 45% the number of students who completed the 9 second cycle and achieve mastery 75% the numbers of students who complete 15. so, it can be concluded that the application of a scientific approach can improve student learning outcomes in the matter of heat energy in the sdn 006 sound palas western cape. keywords: scientific approach, learning outcomes