
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat–Sifat Bangun Datar Melalui Pendekatan Scientific Kelas V SDN 003 Tanjung Palas Barat
Pengarang : Alung Nyagang
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat – sifat bangun datar melalui pendekatan scientific di kelas v sdn 003 tanjung palas barat. penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. penerapan pembelajaran matematika materi sifat – sifat bangun datar melalui pendekatan scientific di kelas v sdn 003 tanjung palas barat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa, peningkatan tersebut ditandai berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 2 siklus yaitu bahwa siklus i diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 40% dengan rata-rata 62,06, dan siklus ii diperoleh rata rata 86,43 dengan persentase sebesar 90%, dengan adanya penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas v sdn 003 tanjung palas barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. berdasarkan peningkatan yang diperoleh dari hasil belajar siswa bidang studi matematika materi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas v sdn 003 tanjung palas barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi matematika. kata kunci: hasil belajar matematika, operasi bilangan bulat, pendekatan scientific
Abstrak Indonesia
Intent to increase mathematics studying result character material – character gets up to level off through approaching scientific at class v sdn 003 tanjung palas barat. action research brazes that executed deep 2 cycles, each cycle is done 2 appointments, and each cycle consisting of 4 planning steps, action, observation, and reflection. data collecting tech that is utilized is essay and non essay. data collecting instrument that is utilized is essay to usufruct studying, activity estimation sheet student, and activity sheet learns. mathematics learning implement character material – character gets up to level off through approaching scientific at class v sdn 003 tanjung palas barat, can increase student studying result that marked by thoroughness step-up studies student, that step-up is marked bases research result that did by 2 cycles which is that i. cycle to be gotten ala thoroughness percentage classical as big as 40% by average 62,06, and cycle ii. acquired average 86,43 by percentages as big as 90%, with marks sense research that is done by use of approaching scientific on character material build to level off at class v sdn 003 tanjung palas barat gets to increase student studying results. base acquired step-up of yielding learned study's area student character material mathematicises builds to level off by use of approaching scientific at class v sdn 003 tanjung palas barat gets to increase student studying results in particular on study's area mathematics. keywords: mathematicises study result, monotonic built characters, approaching scientific