
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pantun Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 023 Tanjung Selor
Pengarang : Admiah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas iv sdn 023 tanjung selor ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, 2) siswa tidak berani bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami matei pelajaran, 3) hasil belajar siswa yang masih kurang, 4) saat diberikan tugas siswa sering tidak menyelesaikannya. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 023 tanjung selor pada semester ii tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 023 tanjung selor. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi pantun menggunakan metode pembelajaran jigsaw pendekatan scientific di kelas iv sdn 023 tanjung selor. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus tediri atas 2 kali pertemuan, instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penelitian aspek afektif, dan tes hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i pertemuan pertama dengan nilai rata- rata 75, pertemuan kedua dengan nilai 85dan pada siklus ke ii pertemuan 1 dengan nilai 87, pertemuan kedua dengan nilai 90. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. berasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran jigsaw pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi pantun siswa kelas iv sdn 023 tanjung selor. kata kunci: hasil belajar, metode jigsaw pendekatan scientific, pantun
Abstrak Indonesia
Based on observation, the fourth-grade students of sdn 023 cape counselor found any problem, 1) students pay less attention to the teacher’s explanation, 2) students do not dare to dare to ask even through the students do not understand the subject matter, 3) student learning outcomes are still lacking, 4) given the task students often do not do it. research type used by researcher is classroom action research (car), which was held in cape selor sdn 023 in the 2nd held of the school year 2013/2014, the research subjects were 023 fourth grade students of sdn tanjung selor. this study aims to improving learning outcomes indonesia cognitive, psychomotor and affective student on the material poem using learning methods in class iv jigsaw scientific approach sdn tanjung selor 023. research was conducted in two cycles with each cycle consisting of 2 meetings, the research instrument to obtain data on student growth is the observation of student growth is the observation of student behavior, psychomotor aspects of assessment sheets, affective aspects of the assessment sheets, and achievement test. the yield research shows that an in. the yield research shows that an increase in student learning outcomes. it can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle of 75, the second meeting with a value of 85 and the second cycle 1 meeting with a value of 87, the second meeting with a value of 90 then it can be said that the research has been successful and according to the indicators of success. based on the results of this study concluded that by applying the learning method jigsaw scientific approach can improving learning outcomes indonesia in rhyme material 023 fourth grade students of sdn tanjung selor. keywords: learning outcomes, scientific approach jigsaw method poem