UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Pemerintahan Desa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Malinau Barat

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Pemerintahan Desa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Malinau Barat

Pengarang : Adilin Hayati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pkn pokok bahasan pemerintahan desa melalui pembelajaran kerja kelompok pada siswa kelas iv sd negeri 002 malinau barat. penelitian ini dilaksanakan di kelas iv sd negeri 002 malinau barat kabupaten malinau melalaui penggunaan model pembelajaran kerja kelompok. subjek penelitian adalah siswa kelas iv sd negeri 002 malinau barat semester i tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. data diperoleh dari dokumentasi, observasi, tugas kelompok, pr dan tes hasil belajar yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pkn siswa kelas iv sd negeri 002 malinau barat pada pokok bahasan pemerintahan desa dan kelurahan. polulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas iv terdiri dari 31 siswa dengan komposisi laki-laki 16 siswa dan perempuan 15 siswa. dari populasi tersebut penulis menetapkan sampel peristiwa yang terjadi selama proses pembelajaran dan observasi, adapun yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah sdn 002 malinau barat, guru kelas iv sdn 002 malinau barat, anakanak murud kelas iv dan seluruh staf guru yang ada di sdn 002 kecamatan malinau barat. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner, wawancara, observasi dan dokumenter. dari analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami penigkatan dari siklus i sampai siklus iii. kemampuan siswa pada siklus i hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,23. namun pada siklus ii siswa mulai aktif dan antusias sehingga memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,48. hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 90,32%. pada siklus iii para siswa semakin antusias dan aktif serta kompetitif antar siswa satu dengan siswa yang lainnya dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,62. artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 100%. kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode kerja kelompok pada mata pelajaran pkn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 002 malinau barat. metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pkn. kata kunci: hasil belajar dan kerja kelompok

Abstrak Indonesia

This study is a class action research (car) with the aim of improving learning outcomes civics highlights village government through the study group work in class iv elementary school 002 west malinau. the research was conducted in class iv elementary school 002 west malinau malinau district by learning model using group work. the subjects were students of class iv elementary school 002 west malinau first semester of school year 2014/2015, amounting to 31 people. classroom action research (car) is carried out in three cycles, each cycle of meetings held twice. data obtained from the documentation, observation, group assignments, homework and achievement test conducted at the end of each cycle. the results showed an increase in learning outcomes civics elementary school fourth grade students malinau 002 west on the subject of administration of villages. population in this study where students of class iv consist of 31 students with the composition of 16 male students and 15 female students. of the population of the authors define a sample of events that occur during the learning process and observation, while the source of the data is the principal of sdn 002 west malinau, fourth grade teacher sdn 002 west malinau, student class iv and the entire staff of teachers in sdn 002 malinau district of west. data collection techniques in this study was a questionnaire or questionnaires, interviews, observation and documentary. from the analysis it was found that student achievement experienced a progressive increase from the first cycle to cycle iii. the ability of students in the first cycle only obtains an average value of 53,23. but on the second cycle students began to actively and enthusiastically so as to obtain an average value of 80,48. this shows that students have increased in value by 90.32 %. in the third cycle the students more enthusiastic and active and competitive among the students of the other students and obtain an average value of 81,62. this means that the learning outcomes of students has increased in value by 100 %. the conclusion of this research is to study the working methods of the group of subjects civics can improve learning outcomes of fourth grade students of sdn 002 west malinau. this method can be used as an alternative learning civics. keywords: results of learning and working groups