UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDN 004 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-B SDN 004 Tarakan

Pengarang : Zelvi Anggeraini

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips materi tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas v-b sdn 004 tarakan. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan pada semester ii tahun ajaran 2013/2014. penelitian ini dilakukan mulai tanggal 26 april-26 juni 2014. subjek penelitiannya adalah siswa kelas v-b sdn 004 tarakan dengan jumlah 29 siswa. penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar ips siswa materi tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas v-b sdn 004 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 45% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 83% pada siklus ii meningkat menjadi 93%. ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus i 48%, pada siklus ii meningkat menjadi 76%. kemudian hasil belajar afektif siklus i 83%, pada siklus ii meningkat menjadi 100%. kesimpulan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran ips. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific

Abstrak Indonesia

Purpose of this research is to improve the learning outcomes the learning outcomes of ips material declared independence hero in the scientific approach in class v-b sdn 004 tarakan. the type of research that is used by researchers is ptk, whick held in the second semester of 2013/2014. is a research grade student of v-b sdn 004 tarakan the number of 29 student. this study was conducted by two cycles, each consisting of four phases planning, action, observation, and reflection. the results showed that by using a scientific approach can increase classroom v-b sdn 004 tarakan. it can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action passing grade is 45 % and after a given action in the first cycle of cognitive mastery learning outcomes of student to 83 % in the second cycle increased to 93 %, mastery learning outcomes of students psychomotor one cycles 48 %, in the second cycle increased to 76%, then learning outcomes of the one cycle 83% effective, in the two cycle increased to 100%. conclusion the study uses a scientific approach can improve student learning outcomes in particular subjects ips. keywords: results of a scientific approach to studying