UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V-A SDN 041 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V-A SDN 041 Tarakan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pengarang : Win Wijayanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas v-a sdn 041 tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) siswa tidak diberi kesempatan dalam mencoba untuk mengembangkan pengetahuannya, (2) siswa kurang aktif bertanya ketika ada pembelajaran yang tidak dimengerti, (3) siswa kurang perhatian ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, (4) siswa kurang bekerjasama dan kurang mampu mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan ketika melakukan diskusi kelompok. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan di sdn 041 tarakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas v-a sdn 041 tarakan. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas v-a sdn 041 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar ipa aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 47%, psikomotorik 44% , afektif 47%, aktivitas belajar siswa memperoleh presentase 56,2% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 3,4 dengan kategori baik. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 79%, psikomotorik 82% dengan kategori baik sekali, afektif 95% dengan kategori mulai berkembang, aktivitas belajar siswa mencapai presentase 72,8% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 4,11 dengan kategori baik sekali. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar ipa di kelas v-a sdn 041 tarakan. kata kunci: pendekatan scientific, penelitian tindakan kelas, kognitif, psikomotorik, dan afektif

Abstrak Indonesia

Based on the earlier observation, the grade v-a learners at sdn 041 tarakan faced the following problems: (1) not given enough opportunities to try to develop their knowledge, (2) less actively asking questions during the learning process, (3) paying little attention to the teacher’s explanation, (4) difficulties in expressing ideas and in doing group work. this classroom action research was conducted in even semester of 2013/2014 academic year, with the grade v-a learners of sdn 041 tarakan as its subjects. the aim of this research is to increase the results of learning science using scientific approach. this research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. data obtained in this research consisted of the cognitive, psychomotor, and affective aspects of learning results, and the observation results of the teacher and learner activities. the results showed that in the first cycle, the accomplishment levels were 47% for cognitive aspect, 44% for psychomotor aspect, and 47% for affective aspect, the learner activities were 56.2% and the average score for teacher activities was 3.4. in the second cycle, the accomplishment levels were 79% for cognitive aspect, 82% for psychomotor aspect, and 95% for affective aspect, the learner activities were 72.8% and the average score for teacher activities was 4.11. these results indicated that the use of scientific approach was successful in improving the learners’ achievements in learning science. keywords: scientific approach, classroom action research, cognitive, psychomotor, affective