UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas V-B SDN 030 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas V-B SDN 030 Tarakan

Pengarang : Trisnawati Selung

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas v-b sdn 030 tarakan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, analisis dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 02-11 oktober 2013 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas v-b sdn 030 tarakan yang berjumlah 23 siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 61% dari indikator pencapaian siswa 80%. setelah dilakukan tindakan pada siklus ii, pencapaian pembelajaran meningkat menjadi 91%, peningkatan antara siklus i dan siklus ii mencapai 30%. dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil. dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v-b sdn 030 tarakan. kata kunci: hasil belajar siswa, model talking stick

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to improve the students’ achievement of class v-b in sdn 030 tarakan through talking stick learning model on adaptation of the creature toward the environment. this research employed classroom action research, it was carried out in 2 (two) cycles whaich consisted of planning, implementing the action, observation, and reflection. the data were collected by using test and non test. this research was conducted on 02-11 october 2013 with four meetings in two cycles. the subject of this research was the students’ of class v-b of sdn 030 tarakan which consisted of 23 students. the result of the research showed that there was an improvement on students’ achievement. this could be seen from the result of each cycle, prior learning mastery classically reached only 61% from the minimum passing grade 80%. after implementing the action of cycle ii, learning achievement improved to 91%, the enhancement between cycle 1 and cycle ii reached 30%. it could be concluded that the use of talking stick learning models could improve the students’ achievement at class v-b of sdn 030 tarakan. keywords: students’ achievement, talking stick learning model