UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Daur Air Dengan Menggunakan Media Animasi Di Kelas V-3 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Daur Air Dengan Menggunakan Media Animasi Di Kelas V-3 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Sri Wahyuni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi daur air menggunakan media animasi di kelas v-3 sdn 018 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. berdasarkan observasi hasil belajar sebelum penelitian siswa yang mendapatkan nilai dibawah kkm sebanyak 18 siswa atau 58%, sedangkan yang telah mencapai kkm sebanyak 13 siswa atau 42%. pada siklus i hasil belajar aspek kognitif adalah 52% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 16 siswa kemudian pada siklus ii meningkat menjadi 74% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. aspek afektif pada siklus i adalah 65% dengan junlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa kemudian meningkat pada siklus ii menjadi 84% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa. aspek psikomotorik 52% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah sebanyak 16 siswa kemudian pada siklus ii mengalami peningkatan menjadi 81% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi daur air pada siswa kelas v-3 sdn 018 tarakan. kata kunci: hasil belajar, media animasi, daur air

Abstrak Indonesia

The aim of this research is to increase the results of learning science topic of water recycling using animation media on the cognitive, affective, and psychomotor aspects at sdn 018 tarakan. this is a classroom action research which was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. based on the observation which was conducted earlier, there were 18 learners (58%) who scored below the accomplishment level and 13 learners (42%) scored obove the accomplishment level. for cognitive aspect, the accomplishment levels were 52% (16 learners) in the first cycle and became 74% (23 learners) in the second cycles. for affective aspect, the accomplishment levels were 60% (20 learners) in the first cycle and became 84% (26 learners) in the second cycles. for psychomotor aspect, the accomplishment levels were 52% (16 learners) in the first cycle and became 81% (25 learners) in the second cycles. the results indicated that the use of animation media was successful in improving the learners’ achievements in learning science topic of water recycling. keywords: learning achievement, animation media, water recycling