
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V-A SDN 006 Tarakan
Pengarang : Sitti Suhra
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips materi proklamasi kemerdekaan republik indonesia siswa kelas v-a sdn 006 tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa dalam 2 aspek yaitu hasil belajar ips aspek kognitif dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 73%, afektif 49% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase 67% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata skor 2,07 dengan kategori cukup. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 84%, afektif 100% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase nilai 82% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 3,32 dengan kategori sangat baik. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar ips materi proklamasi kemerdekaan republik indonesia siswa kelas v-a sdn 006 tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe make a match, penelitian tindakan kelas, kognitif dan afektif
Abstrak Indonesia
The aim of this research is to increase the results of learning social sciences using make a match type of cooperative learning model at sdn 006 tarakan. this is a classroom action research which was conducted in two cycles. the data obtained in this research include the learning achievement in cognitive and affective aspects and the observation results of teacher’s and students’ activities. this research was conducted during the second semester of 2013/2014. the research findings showed that in cycle 1, the accomplishment levels were 73% for cognitive aspect and 49% for affective aspect. the observation score for students’ activities was 67%. the average observation score for the teacher’s activities in the learning process was 2.07. in cycle 2, the accomplishment levels were 84% for cognitive aspect and 100% for affective aspect. the observation score for students’ activities was 82%. the average observation score for the teacher’s activities in the learning process was 3.32. the results indicated that the use of make a match type of cooperative learning model was successful in improving the learners’ achievements in learning social sciences. keywords: make a match type of cooperative learning model, class action research, cognitive and affective aspects