
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V-C SDN 028 Tarakan
Pengarang : Rosdianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v-c sdn 028 tarakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division). jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 028 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas v-c sdn 028 tarakan yang berjumlah 33 siswa dengan siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 15 orang. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division) di kelas v-c sdn 028 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. instrument penelitian ini untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah lembar observasi aktifitas siswa, tes hasil belajar (aspek kognitif), lembar penilaian aspek psikomotorik dan lembar penilaian aspek afektif. hasil penelititan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 12% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 55% pada siklus ii meningkat 79%. ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus i 55% dan pada siklus ii menigkat menjadi 85%. kemudian ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus i 52% pada siklus ii meningkat menjadi 76%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator kebehasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe stad
Abstrak Indonesia
The aim of this research is to increase the results of learning mathematics using student teams achievement division (stad) type of cooperative learning model to grade 5-c learners at sdn 028 tarakan. this is a classroom action research which was conducted during the second semester of 2013/2014. the subjects 33 learners of sdn 028 tarakan, 18 males and 15 females. this research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. the research instruments consisted of observation sheets of learners’ activities, observation sheets of teacher’s activities, tests on cognitive aspect, assessment sheets of learners’ psychomotor and affective aspecst. the research findings showed that there was an increase in learners’ learning achievements. this can be seen from learning results of each cycle. before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 12%. for the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 55% at the first cycle and 79% at the second one. for the psychomotor aspect, the level reached 55% at the first cycle and 85% at the second one. for the affective aspect, the level was 52% at the first cycle and reached 76% at the second one. these results indicated that the treatment was successful. keywords: learning achievement, stad type of cooperative learning model