
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan
Pengarang : Satria Abadi Noor
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas vb sdn 001 selumit tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. pada siklus 1 hasil belajar aspek kognitif adalah 17% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 5 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 79% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa. aspek afektif pada siklus 1 adalah 62% dengan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 90% dengan jumlah siswa yang tuntas 26 siswa. aspek psikomotorik pada siklus 1 adalah 55% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 86% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 siswa. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar ips materi peninggalan-peninggalan kerajaan pada masa hindu, buddha, dan islam di indonesia pada siswa kelas vb sdn 001 selumit tarakan. kata kunci: hasil belajar, make a match, ips
Abstrak Indonesia
This study aims to to improve learning outcomes ips cognitive aspects, effective, and psychomotor using cooperative learning model make a match in the vb class sdn 001 selumit tarakan. this study was conducted in two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. in the first cycle of the cognitive aspect of learning outcomes is 17% the number of students completed by 5 students, then the second cycle increased to 79% the number of students complete as many 23 students. affective aspects in the first cycle were 62% the number of students who completed 18 students, then the second cycle increased to 90% the number of students who completed 26 students, psychomotor aspect in the first cycle was 55% the number of students who completed 16 students, then the second cycle increased to 86% the number of students who completed 25 students. based on the results of this study concluded that by implementing cooperative learning model make a match can improve learning outcomes ips material relics of the kingdom during the hindu, buddhist, and islam in indonesia in class vb sdn 001 selumit tarakan. keywords: learning outcomes, make a match, ips