UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-C SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V-C SDN 029 Tarakan

Pengarang : Reta Jamirin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa hasil belajar ips siswa di sdn 029 tarakan dapat dikategorikan belum mencapai keberhasilan dalam mengikuti pelajaran khususnya kelas v-c dikarenakan belum mencapai ketuntasan klasikal 70%. belum tercapainya keberhasilan ini disebabkan oleh guru yang kurang kreatif dalam penggunaan media gambar yang dapat menarik perhatian siswa daripada tulisan dan ceramah, siswa jarang bertanya saat proses pembelajaran sehingga suasana belajar menjadi bosan. oleh karna itu, untuk meningkatkan hasil belajar ips siswa diperlukan pendekatan scientific berbantuan media gambar. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips menggunakan pendekatan scientific berbantuan media gambar. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas guru. penelitian ini dilaksanakan pada semester ii tahun ajaran 2013/2014. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 61% meningkat menjadi 76% pada siklus ii. pada aspek psikomotorik siklus i mencapai 39% meningkat menjadi 100% pada siklus ii dengan kategori baik. pada aspek afektif mencapai 58% meningkat menjadi 100% pada siklus ii dengan kategori baik. hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai skor 67 dengan kategori cukup pada siklus i menjadi skor 95 dengan kategori sangat baik pada siklus ii. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar ips menggunakan pendekatan scientific berbantuan media gambar. kata kunci: pendekatan scientific, media gambar, penelitian tindakan kelas, kognitif, psikomotorik, dan afektif

Abstrak Indonesia

Based on observation, it is known that the learning achievement’s in sdn 029 tarakan in categories cannot actieve success in following subjects in particular because classical completeness has not reactived 70%. not to actieve success is cause by teacher who are less creative in the use of media picture that can attract the attention to students rather than writing and lectures, students are variely asked when learning process so that the learning environment becomes boried. by cause it is, to improve students learning outcomes required ips scientific approach using media pictures. this study aims to improve learning achievement of ips uses a scientific approach by using media picture. this research is classroom action research carried out in two cycle. the data obtained in three aspects: cognitive, psychomotor and affective, and also the observation result of teacher activity. the research was conducted in the second semester of the school year 2013/2014. based on the research that has been carried out, namely the cycle of obtained level of completeness aspect cognitive 61% increased to 76% in cycle two. in the psychomotor aspects of the cycle reacties 39% increase to 100% in cycle two in categorized well. the aspect of affective 58% increased to 100% on cycle two in categorized well. in cycle one, the observation results of teacher’s activity in teaching learning process in the classroom reached the score 67 increased to 95on cycle two in categorized very well. based on research to show that improve learning achievement of ips uses a scientific approach by using media picture. keywords: scientific approach, media pictures, classroom action research, cognitive, psychomotor and affective