UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III A SDN 023 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegemaran Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III A SDN 023 Tarakan

Pengarang : Nur Diana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema kegemaran dengan menggunakan media gambar di kelas iii a sdn 023 tarakan. subjek penelitiannya adalah siswa kelas iii a sdn 023 tarakan dengan jumlah 27 siswa, siswa laki-laki 18 dan siswa perempuan 9. penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 66,66%, afektif 59,26% dengan kategori baik dan aspek psikomotorik 51,86%. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 81,48%, afektif 81,48% dengan kategori baik dan aspek psikomotorik 85,19%. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada tema kegemaran di iii a sdn 023 tarakan dengan menggunakan media gambar. kata kunci: hasil belajar dan media gambar

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve student learning outcomes craze theme by using the media image in class iii a sdn 023 tarakan. the research was carried out starting from 24 march to 24 may 2014. research subject are students of grade iii a sdn 023 tarakan with the total of 27 students, 18 male students and 9 female students. the study was conducted in 2 cycles, where each cycle include planning, action, observation and reflection. the research findings showed that in cycle 1, the accomplishment levels were 66,67% for cognitive aspect, 59,26% for affective aspect and 51,86 for psychomotor. in cycle 2, the accomplishment levels were 81,48 for cognitive aspect, 81,48% for affective aspect and 85,19 for psychomotor. the results indicated that the use of media image was successful in improving the learners’ achievements in learning craze theme sciences. keywords: result of study and media image