UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggabungkan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe STAD Dan Make A Match Pada Tema Kesehatan Di Kelas IA SD Negeri 001 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggabungkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Make A Match Pada Tema Kesehatan Di Kelas IA SD Negeri 001 Tarakan

Pengarang : Nindya Adiasti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar tematik dengan menggabungkan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan make a match pada tema kesehatan kelas ia sdn 001 tarakan. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimulai pada tanggal 18 februari sampai dengan 18 maret 2014, dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. hasil pengamatan sebelum penelitian menunjukkan bahwa 87% dari 32 siswa dinyatakan tidak tuntas dalam 3 ranah. hasil penelitian pada siklus i menunjukkan ketuntasan belajar dari 32 siswa pada ranah kognitif mencapai 66%, pada ranah afektif 53% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah psikomotorik 56% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. hasil penelitian pada siklus ii terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa, pada ranah kognitif mencapai 87,5%, pada ranah afektif 84,4% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik 87,5% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar tematik kelas ia sdn 001 tarakan pada tema kesehatan dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan make a match. kata kunci: hasil belajar, student team achievement division (stad), make a match

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to improve the learning result by combining cooperative learning model type stad and make a match in theme of health at grade 1 class a students of sdn 001 tarakan. classroom action research was conducted in two cycles with four (4) phases: planning, action, observation and reflection. the observation results before the research showed that, more than 87% out of 32 students were failed in 3 domains. in the first cycle of this research, the result of cognitive domain was 66% out of the 32 students, the affective domain was 53%, and the psychomotor domain was 56%. in the second cycle the result of students’ learning success increased significantly, the cognitive domain reached 87,5% out of the 32 students, the affective domain reached 84,4% and the psychomotor domain reached 87,5%. the conclusion of this classroom action research is the learning result of thematic in health theme at grade i class a students of sdn 001 tarakan can be improved by combining of cooperative learning model type stad and make a match. keywords: learning result, student team achievement division (stad), make a match