UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Aku Anak Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas III-E SDN 029 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Aku Anak Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas III-E SDN 029 Tarakan

Pengarang : Mety Toding Bua

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific pada tema aku anak indonesia di kelas iii-e sdn 029 tarakan tahun pembelajaran 2013/2014. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 3 -19 maret 2014 terdiri dari dua siklus, dan dalam satu siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas iii-e sdn 029 tarakan tahun pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah 31 siswa. fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tematik. data dikumpulkan setiap siklus melalui observasi dan ters hasil belajar siswa. peningkatan nilai hasil belajar sebelum penelitian yang mencapai ketuntasan belajar diatas kkm pkn 51,61% menjadi 80,65% pada siklus i dan meningkat menjadi 93,55% pada siklus ii. peningkatan nilai hasil belajar sebelum penelitian yang mencapai ketuntasan belajar ipa 48,39% menjadi 77,42% pada siklus i dan meningkat menjadi 87,10% pada siklus ii. peningkatan nilai hasil belajar sebelum penelitian yang mencapai ketuntasan belajar matematika 51,61% menjadi 67,74% pada siklus i dan meningkat menjadi 83,87% pada siklus ii. peran aktif siswa pada pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific ini sangat baik dan meningkat pada setiap siklus. ranah afektif pada indikator keberhasilan sudah melebihi dari 75 % siswa yang memperoleh nilai minimal baik . hal ini ditunjukkan oleh data akhir pada pertemuan kedua siklus ii yaitu dalam kategori sangat baik ada sejumlah 14 siswa, kemudian dalam kategori baik ada sejumlah 13 siswa , dan hanya 4 siswa dalam kategori cukup. sedangkan dalam penilaian ranah psikomotorik juga telah mencapai pada indikator keberhasilan dengan jumlah 31 siswa dalam kategori sangat baik. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific

Abstrak Indonesia

The research aims to increase result of study student use model study of thematic with scientific approach theme i is child indonesia in class of iii-e sdn 029 tarakan study year 2013 / 2014. the research is classroom observation research. this research is executed from 3 - 19 march 2014 consist of two cycles, and in one cycle execute three meeting. the subject research is class student of iii-e sdn 029 tarakan academic year 2013 / 2014 with 31 students. focus this research is result of study student after using model study of thematic. the data collected by each; every cycle and observation of terms result of learning student. make-up of value result of study before complete tired research learn above kkm pkn 51,61% becoming 80,65% at cycle of i and mount to become 93,55% at cycle of ii. make-up of value result of study before complete tired research learn ipa 48,39% becoming 77,42% at cycle of i and mount to become 87,10% at cycle of ii. make-up of value result of study before complete tired research learn mathematics 51,61% becoming 67,74% at cycle of i and mount to become 83,87% at cycle of ii. active role of student at study of thematic with approach of this is scientific very good and mount in each cycle. domain of affective at efficacy indicator have exceeded from 75 % student obtaining minimum value of goodness. the matter is shown by final data at meeting both of cycle of ii that is in category very good there are some 14 students, later; then in good category there are some 13 students and only 4 students in category enough. while in assessment of domain of psychomotor have also reached at indicator efficacy with amount 31 student in category very good. keywords: result of learn, model study of thematic with scientific approach