
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN 004 Tarakan Dalam Menentukan Hubungan Antar Satuan Waktu Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script
Pengarang : Lusiana Dewi Saputri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv a sdn 004 tarakan dalam menentukan hubungan antar satuan waktu melalui model pembelajaran cooperative script. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas iv a sdn 004 tarakan yang berjumlah 36 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan. hasil belajar pada siklus i ketuntasan belajar klasikal 61%, dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal menjadi 83%. penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative script di kelas iv a sdn 004 tarakan. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv a sdn 004 tarakan dalam menentukan hubungan antar satuan waktu. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran cooperative script
Abstrak Indonesia
The purpose this research is to improve the result of learning students 4 th grade of sdn 004 tarakan in determining correlation inter unit of time through the cooperative script learning model. the subject of this classroom action research (car) at 36 students of 4 th grade of sdn 004 tarakan. this classroom research (car) is applied in 2 cycles, each cycle consist of four stages, which are planning, applicating, observation and reflecting. data collection method used in the classroom action research (car) are tests and observation sheets. in the 1st cycle of classical learning resulting 61 % 0f succeed, and there is improvement in the 2 nd cycle of classical learning into 83 %. this classroom action research (car) is applied cooperative script learning model 4 th grade students of sdn 004 tarakan. the conclusion of this classroom action research (car) is cooperative script learning model improve the learning results 4 th grade student of sdn 009 tarakan in determining correlation inter unit of time. keywords: result of learning, cooperative script learning model