UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Realia Di Kelas V-4 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Realia Di Kelas V-4 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Dea Zerlinda Ramadhani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas v-4 sdn 018 tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) siswa kurang aktif bertanya pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, (2) siswa tidak diberi kesempatan seperti mencoba dan merancang suatu keterampilan kerja ilmiah, (3) siswa tidak berpikir kritis sehingga rasa ingin tahu siswa kurang, (4) siswa kurang mampu mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilannya kepada sesama temannya dalam diskusi kelompok. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan di sdn 018 tarakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas v-4 sdn 018 tarakan. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan media realia di kelas v-4 sdn 018 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar matematika aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 62,5%, psikomotorik 38% dengan kategori baik, afektif 31% dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa memperoleh presentase 60% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 3,3 dengan kategori baik. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 94%, psikomotorik 94% dengan kategori baik, afektif 94% dengan kategori baik sekali, aktivitas belajar siswa mencapai presentase 77% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata 4,0 dengan kategori baik. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pendekatan scientific berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas v-4 sdn 018 tarakan. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific berbantuan media realia

Abstrak Indonesia

Based on the earlier observation, the grade v-4 learners at sdn 018 tarakan faced the following problems: (1) less actively asking questions during the learning process, (2) not given enough opportunities to try and plan a scientific work or skill, (3) having low sense of wanting to know (did not think critically), (4) difficulties in expressing ideas in group work. this classroom action research (car) was conducted in even semester of 2013/2014 academic year, with the grade v-4 learners of sdn 018 tarakan as its subjects. the aim of this research is to increase the results of learning mathematics using realia media-assisted scientific approach. this research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. data obtained in this research consisted of the cognitive, psychomotor, and affective aspects of learning results, and the observation results of the teacher a learner activity. the results showed that in the first cycle, the accomplishment levels were 62.5% for cognitive aspect, 38% for psychomotor aspect, and 31% for affective aspect; the learner activities were 60% and the average score for teacher activities was 3.3. in the second cycle, the accomplishment levels were 94% for cognitive aspect, 94% for psychomotor aspect, and 94% for affective aspect; the learner activities were 77% and the average score for teacher activities was 4.0. these results indicated that the use of realia media-assisted scientific approach was successful in improving the learners’ achievements in learning mathematics. keywords: learning achievement, realia media-assisted scientific approach