UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Rakyat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas V-A SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Rakyat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas V-A SDN 006 Tarakan

Pengarang : Aris Marjem

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah yaitu: bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia? penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 1 siklus, dimana siklus tersebut mencakup empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, obsrvasi dan refleksi. dengan instrumen penelitian, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, tes hasil belajar dan tes praktek. subjek penelitian ini adalah siswa kelas v-a sdn 006 tarakan dengan jumlah siswa 33 orang. hasil ptk yang diperoleh sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa telah mencapai 82%. (2) ketuntasan tes praktek kelompok telah mencapai 88 %. (3) siswa sangat terlihat bersemangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe role playing telah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas v-a sdn 006 tarakan. kata kunci: hasil belajar, bahasa indonesia, model pembelajaran kooperatif tipe role playing, unsur-unsur intrinsik cerita rakyat

Abstrak Indonesia

The research design of this research was class action research (car). the objective of this research was to improve students’ achievement in bahasa indonesia by using role playing. the research was done into some steps: planning, implementing, observing and reflecting. the research instruments were observation sheets and written test. the subject of this research was the fifth-grade students of sdn 006 tarakan that consisted of 33 students. the result of this study was as follow: 1) the percentage of student achievement was 82%, 2) the result of the performance of the student was 88%, 3) the student looked enthusiastic and active in the learning process. it can be concluded that the cooperative learning type role play can improve the students at fifth grade students of sdn 006 tarakan. keywords: students’ achievement, cooperative learning role playing type, intrinsic elements of fable