
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V-5 SDN Utama 2 Tarakan
Pengarang : Astriyani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas v-5 sdn utama 2 tarakan ditemukan adanya permsalahan, yaitu (1) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, (2) siswa kurang bertanya saat pembelajaran, (3) apabila guru bertanya, hanya siswa tertentu yang selalu menjawab , (4) apabila dibentuk kelompok oleh guru, siswa kurang bekerjasama dalam berdiskusi dengan teman kelompoknya dan (5) siswa tidak diberi kesempatan seperti mencoba dan merancang suatu keterampilan kerja ilmiah. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan di sdn utama 2 tarakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas v-5 sdn utama 2 tarakan. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas v-5 sdn utama 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam ii siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa dalam 3 aspek yaitu hasil belajar ipa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 60%, psikomotorik 40%, afektif 73%, aktivitas belajar siswa memperoleh presentase 63% dan aktivitas guru memperoleh presentase rata-rata 3,33%. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 86%, psikomotorik 80%, afektif 90%, aktivitas belajar siswa mencapai presentase 83% dan aktivitas guru pada proses pembelajaran dikelas mencapai rata-rata 4,15. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar ipa di kelas v-5 sdn utama 2 tarakan.
Abstrak Indonesia
Based on the result of observations, the v-5 grade student of sdn utama 2 tarakan found some problem, namely (1) students pay less attention to the teacher explanation, (2) students lacking ask when learning, (3) when the teacher asked, only certain students always answer, (4) when the group formed by teacher less students collaborated in a discussion with a friend group. classroom action research (car) was conduced in sdn utama 2 tarakan in the second semester of the academic year 2013/2014, the research subjects were students of v-5 grade in sdn utama 2 tarakan. this research focused on on improving ipa learning scores through a scientific approach of v-5 grade in sdn utama 2 tarakan. this research was conducted in two cycles in which each cycle consisted of two meeting. the data obtained in this research includes: student learning scores in three aspect along with the result of student’s and teacher’s observation activities. from the findings in the firs cycle was gained 60% completeness cognitive aspect level, 40% psychomotor, and 73% affective, the student’s activies gaide 63% and teacher’s activities in learning process in the classroom got result 3,33%. in the second cycle was gained 86% completeness cognitive aspect, 80% psychomotor, 90% affectif, then student’s activities got 83% and teacher’s activities in learning process in the classroom got 4,15. based on findings of this research can be concluded that through scientific approach improve ipa learning score of v-5 grade students in sdn utama 2 tarakan.