UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjaga Keutuhan Negara Indonesia Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas V SDN 002 Peso Hilir Kecamatan Peso Hilir Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjaga Keutuhan Negara Indonesia Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas V SDN 002 Peso Hilir Kecamatan Peso Hilir Kabupaten Bulungan

Pengarang : Novita Parubak

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. berhasilnya tujuan pembelajaran di tentukan oleh banyak faktor diantaranya faktor guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meninkatkan kecerdasan siswa. dalam mengajar, guru jarang sekali menggunakan satu pendekatan, karena mereka menyadari bahwa semua pendekatan ada kebaikan dan kelemahannya. penggunaan satu pendekatan lebih cenderung menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik. jalan pengajaran pun tampak kaku. anak didik terlihat kurang bergairah belajar. kejenuhan dan kemalasan menyelimuti kegiatan belajar anak didik. kondisi seperti ini sangat tidak menguntungkan bagi guru dan anak didik. penelitian ini berdasarkan permasalahan : bagaimankah meningkatkan hasil belajar pkn materi menjaga keutuhan negara indonesia menggunakan pendekatan scientific siswa kelas v sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar pkn materi menjaga keutuhan negara indonesia menggunakan pendekatan scientific siswa kelas v sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. sasaran penelitian ini adalah siswa kelas v sdn 002 peso hilir tahun pelajaran 2014-2015 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. dari hasil analisis didapatkan bahwa keaktifan belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i sampai siklus ii, yaitu siklus i (36%), siklus ii (90%). simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan scientific dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas v sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. kata kunci: hasil belajar, pembelajaran pkn, pendekatan scientific

Abstrak Indonesia

School aktivity is a process or interreletionship of betwen teacher and student in set of study. succeding of it study target in determining by a lot of factor among other things factor learn in executing study proses, because teacher directly can influence, constructing and improving student intelligence. this research pursuant to problems: what will be improving result learning pkn take care indonesia perfection use the approach scientific of student class v sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. while intention if this research is to increase result of learning pkn system of goverenanceof countryside and system of munipical administration use the approach scientific of student class iv sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. while intention of this research is to increase result of learning pkn take care inonesia perfection use the approach scientific of student class v sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. this research uses the action two rotations. each every totation consisted by four phase, that is: device, activity and perception, reflects, and refits. this research target is student of clas v sdn 002 peso hilir year 2014-2015. data obtained in the from of formative result test, sheet of observation learnig and teaching. from result analyze got by that result learn the student experience of improvement from cycle i until cycle ii, that is cycle i (36%), cycle ii (90%). node from research this is approach scientific can have n effect an effect positive to result learn the student of class v sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. keywords: improving result, learning of study pkn, approach scientific