
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN 001 Tanjung Selor
Pengarang : Slamet
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas iii sdn 001 tanjung selor. penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru. hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas iii sdn 001 tanjung selor yaitu pada siklus i diperoleh rata-rata sebesar 67 dengan ketuntasan klasikal 53%, dari hasil belajar siswa pada siklus i belum mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus ii diperoleh hasil sebesar 76 dengan persentase 86%, telah mencapai ketuntasan secara klasikal. berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan hasil belajar khususnya materi mengidentifikasi luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas iii sdn 001 tanjung selor. kata kunci: matematika sd, contextual teaching and learning (ctl)
Abstrak Indonesia
This study aims to improve learning outcomes material mathematics square and rectangular area through learning model contextual teaching and learning (ctl) in the third-grade students of sdn 001 tanjung selor. classroom action research conducted in two cycles, each cycle conducted two meetings, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. data collection techniques used were a test of learning outcomes, assessment of student activity sheets and activity sheets teachers. study results obtained in mathematics learning material of the square and rectangular through learning model contextual teaching and learning (ctl) in the third-grade students of sdn 001 tanjung selor is the cycle i gained an average of 67 with classical completeness 53%, of the results students in the first cycle has not reached mastery, while on the second cycle with the results obtained by 76 percentage 86%, has achieved mastery in the classical style. based on the results obtained in this study it can be concluded that the learning model contextual teaching and learning (ctl) can improve learning outcomes specifically identifying the material square and rectangular area on the third grade students of sdn 001 tanjung selor. keywords: mathematics sd, contextual teaching and learning (ctl)