UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas IV SDN 010 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas IV SDN 010 Tanjung Palas

Pengarang : Radiyanah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar ips melalui model pembelajaran cooperative script di kelas iv sdn 010 tanjung palas. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. perolehan data penelitian di dapat dari lembar tes dan non tes yang terdiri dari lembar pengamatan sikap siswa, lembar pengamatan keterampilan siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. data hasil penelitian menunjukan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus i sebesar 65% atau 13 siswa dari 20 siswa yang memenuhi nilai kkm 68 dan mengalami kenaikan pada siklus ii yaitu terdapat 17 siswa atau 85% siswa yang tuntas memenuhi nilai kkm 68. sedangkan persentase sikap siswa pada siklus i yang memenuhi kategori baik mencapai 45% dan pada siklus ii mencapai 75%. persentase keterampilan siswa pada siklus i yang memenuhi kategori baik yaitu 30% dan meningkat pada siklus ii sebesar 80%. berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar ips di kelas iv sdn 010 tanjung palas. kata kunci: model pembelajaran cooperative script, sdn 010 tanjung palas

Abstrak Indonesia

This study was conducted to improve learning outcomes ips through cooperative script model of learning in class iv sdn 010 tanjung palas. this study uses a classroom action research conducted by two cycles. the acquisition of research data obtained from the test and non-test sheet consisting of observation sheet student attitudes, student's skills of observation sheets and sheets of observations of teacher activity. data from the study showed completeness student learning outcomes in the first cycle of 65% or 13 students from 20 students who meet the kkm 68 and increased in the second cycle which there are 17 students or 85% of students who completed meets the kkm 68. while the percentage of students' attitude in the first cycle which meets both categories reached 45% and the second cycle reaches 75%. the percentage of students' skills in the first cycle which meets both categories is 30% and increased in the second cycle by 80%. based on the research data it can be concluded that the script cooperative learning model can improve learning outcomes in social studies class iv sdn 010 tanjung palas. keywords: cooperative learning model script, sdn 010 tanjung palas