
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kegiatan Sehari-Hari Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas II SDN 002 Tanjung Palas
Pengarang : Lengken
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas ii sdn 002 tanjung palas dengan jumlah siswa 20 orang. pengumpulan data dan instrumen penelitian dilakukan dengan cara: (1) menggunakan pengamatan, yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa, dan (2) tes hasil belajar siswa. analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan prosedur statitstik deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas guru dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar siswa. aktivitas mengajar guru meningkat sebesar 22 poin, yakni dari 65.9 (kategori cukup) pada siklus pertama menjadi 87.9 (kategori sangat baik) pada siklus kedua. aktivitas belajar siswa pun meningkat sebesar 42.50%, yakni dari 44.29% (kategori kurang) pada siklus pertama menjadi 86.79% (kategori sangat baik) pada siklus kedua, sehingga penguasaan materi oleh siswa melalui tes hasil belajar juga meningkat sebesar 7.08 poin, yakni rata-ratanya 70.92 pada siklus pertama menjadi rata-rata 78 pada siklus kedua. sehingga ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 50 poin, yaitu dari sebesar 35% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus kedua. penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema kegiatan sehari-hari pada kelas ii sdn 002 tanjung palas.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi