
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Dua Dimensi Di Kelas V SDN 009 Tanjung Selor
Pengarang : Ibrahim Tuai
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang menggunakan metode demonstrasi berbantuan media dua dimensi di kelas v sdn 009 tanjung selor. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan melalui 2 cara, yaitu observasi dan tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 18,00 yaitu siklus i rata-rata psikomotorik siswa memperoleh nilai sebesar 57,33 dan siklus ii mencapai rata-rata 75,33. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii. maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 53,33% meningkat menjadi 80,00% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan metode demonstrasi berbantuan media dua dimensi pada materi bangun datar dan bangun ruang di kelas v sdn 009 tanjung selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, matematika, metode demonstrasi, media dua dimensi
Abstrak Indonesia
Class action research (ptk) aims to improve mathematics learning outcomes in a flat wake materials and geometry using two-dimensional media assisted demonstration in class v sdn 009 tanjung selor. class action research (ptk) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. data collection techniques used through 2 ways, namely observations and tests. data collection instruments used were a test result of learning, student assessment sheets psychomotor, observation of student activity sheets and sheets of observations activity of teachers in the management of learning. the average learning outcomes in psychomotor aspect for all aspects of the students obtained in the first cycle to the second cycle increased by 18.00 that the average first cycle psychomotor students obtain a value of 57.33 and second cycle reached an average of 75.33. while the average learning outcomes on cognitive aspects increased from cycle i to cycle ii. thus, the percentage of success in the classical learning in the first cycle of 53.33% increased to 80.00% in the second cycle. conclusion class action research (ptk) is the use of media-aided method of two-dimensional demonstration on a flat wake materials and geometry in class v sdn 009 tanjung selor can improve student learning outcomes. keywords: result study, mathematics, methods of demonstration, two-dimensional media