UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas V SDN 009 Tanjung Palas Barat

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas V SDN 009 Tanjung Palas Barat

Pengarang : Halidin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menyelesaikan masalah bangun datar dan bangun ruang sederhana dengan menggunakan model contextual teaching and learning (ctl) di kelas v sdn 009 tanjung palas barat. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 2 cara yaitu tes dan observasi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran. hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii. hasil ketuntasan pada siklus i memperoleh persentase sebesar 61,53% dengan rincian 8 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas, sedangkan siklus ii mencapai ketuntasan 84,62% dengan rincian 11 siswa tuntas dan 2 tidak tuntas. hasil penelitian pada siklus ii telah memenuhi lebih dari indikator keberhasilan tindakan yang telah di tetapkan yakni 75%. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan model contextual teaching and learning (ctl) dalam pembelajaran matematika pada materi menyelesaikan masalah bangun datar dan bangun ruang sederhana di kelas v sdn 009 tanjung palas barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, matematika, model contextual teaching and learning (ctl)

Abstrak Indonesia

Class action research (ptk) aims to improve the learning outcomes of mathematics at the material solve the problem of getting up flat and simple geometry using models contextual teaching and learning (ctl) in class v sdn 009 tanjung palas barat. class action research (ptk) conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. data collection techniques used there are two ways that tests and observation. data collection instruments used were a test result of learning, observation of student activity sheets and sheets of observations of teaching activities of teachers in the management of learning. results of study on cognitive aspects increased from cycle i to cycle ii. results of completeness in the first cycle to obtain a percentage of 61.53% with 8 students complete details and 5 students are not completed, while the second cycle achieve mastery 84.62% with details of 11 students completed and 2 incomplete. results of research on the second cycle have met more than indicators of success of the action that has been set that is 75%. conclusion class action research (ptk) is the application of contextual models of teaching and learning (ctl) in mathematics at the material solve the problem of getting up flat and simple geometry in class v sdn 009 tanjung palas barat can improve student learning outcomes. keywords: results of learning, mathematics, models contextual teaching and learning (ctl)