
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Pemerintah Kota Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 002 Peso Hilir Kecamatan Peso Hilir Kabupaten Bulungan
Pengarang : Edi Lembang
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. bukan cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana usaha guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya dalam pelajaran pkn pada materi “sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kota menggunakan pendekatan scientific. kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. berhasilnya tujuan pembelajaran di tentukan oleh banyak faktor diantaranya faktor guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meninkatkan kecerdasan siswa. penelitian ini berdasarkan permasalahan : bagaimankah meningkatkan hasil belajar pkn materi sistem pemerintahan desa dan sistem pemerintahan kota menggunakan pendekatan scientific siswa kelas iv sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar pkn materi sistem pemerintahan desa dan sistem pemerintahan kota menggunakan pendekatan scientific siswa kelas iv sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. sasaran penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 002 peso hilir tahun pembelajaran 2014-2015 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i sampai siklus ii, yaitu siklus i (31%), siklus ii (100%). simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan scientific dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas v sdn 002 peso hilir kecamatan peso hilir kabupaten bulungan. kata kunci: hasil belajar, pembelajaran pkn, pendekatan scientific
Abstrak Indonesia
School activity is a process or interrelationship of between teacher and student in set of study. succeeding of it study target in determining by a lot of factors among other things factor learn in executing study proses, because teacher directly can influence, constructing and improving student intelligence. this research pursuant to problems: what will be improving result learn pkn of item of system of governance of countryside and system of municipal administration use the approach scientific of student class iv sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. while intention if this research is to increase result of learning pkn system of governance countryside and system of municipal administration use the approach scientific of student class iv sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. this research uses the action two rotations. every rotation consisted by four phases, that is: device, activity and perception, reflects, and refits. this research target is student of class iv sdn 002 peso hilir year 2014-2015. data obtained in the form of formative result test, sheet of school activity observation. from result analyze got by that result learn the student experience of improvement from cycle i until cycle ii, that is cycle i (31%), cycle ii (100%). node from research this is approach scientific can have in effect on result learn the student of class iv sdn 002 peso hilir subdistrict peso hilir regency bulungan. keyword: result learning, study pkn, approach scientific