
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV-A SDN 030 Tarakan
Pengarang : Sherly Pabebang
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Proses pembelajaran ipa di sdn 030 tarakan kelas iv-a masih di dominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. hal ini berpengaru pada rendahnya kemampuan siswa pada saat kegiatan pembelajaran ip a. untuk mengatasi permasalahan terse but, perlu menggunakan metode atau model pembelajaran yang cocok agar siswa dapat berfikir secara kritis, logis dan berimajinatif, dan dapat memberikan solusi masalah dengan sikap terbuka. tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemampun siswa pada pembelajaran ipa khususnya pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas iv-a menggunakan metode eksperimen. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasi belajar yang diambil dari tes hasil belajar, aktivitas kegiatan siswa dan guru diambil dari lembar observasi. penelitian ini dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam 2 siklus dan siswanya bejumlah 29 siswa. hasil analisis dan penggunaan metode eksperimen selama 2 siklus selalu mengalami peningkatan, pada siklus i hasil belajar siswa ketuntasan belajarnya 45% dan pada siklus ii ketuntasan belajarnya 79%. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa khususnya pada materi bagian tubuh tumbuhan melalui penerapan metode eksperimen di kelas iv-a sdn 030 tarakan. kesimpulan ptk ini adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar ipa kelas iv-a sdn 030 tarakan. kata kunci: hasil belajar, sains, metode eksperimen
Abstrak Indonesia
The process of learning ipa in class iv-a sdn 042 tarakan is still dominated by the teacher so that involvement of the student in learning process is still lacking. this affects the low ability student. at the time of knowledge ipa. to overcome these problems, it is necessary to use methods and models are suitable for student to think critically, logically and imaginative, and can provide solutions to problems in an open. the purpose of this study was to determine the increase in the ability of students in ip a lesson about materials part person a plant grade student of sdn 030 tarakan using experiment method. this research was classroom action research conducted two cycles, each cycle consisting of planning, action observation and reflection. the data obtained in this study include learning outcomes derived from the provision of duty at the end of student activities and events taken from the observation sheet. this study was conducted 2 meetings in 2 cycles and students numbered 29 students. the result of the analysis of the use of experiment method for two cycles always increase, in the first cycles the average value in on class (45%) and in the second cycle the average value in the first-class ware (79%). the results showed that an increase in student learning outcomes in learning simple fabricated through an experiment method in class iv-a sdn 030 tarakan. keywords: learning achievement, science, experiment method