
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas IV-B SDN 013 Tarakan
Pengarang : Risna
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran aktif tipe index card match di kelas iv-b sdn 013 tarakan pada materi bilangan romawi. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. objek penelitian adalah siswa kelas iv-b sdn 013 tarakan yang berjumlah 26 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi kegiatan guru, dan lembar observasi kegiatan siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 35% dari kriteria ketuntasan minimum (70). setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 62% menjadi 85%. kata kunci: hasil belajar dan model pembelajaran aktif tipe index card match
Abstrak Indonesia
The aim of this research is to improve mathematics learning outcome using active learning of index card match type in iv-b class of sdn 013 tarakan on roman numeral material. the type of this research is classroom action research (car) which was held in 2 cycles, where each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. the object of this research is students in iv-b class of sdn 013 tarakan with the total number of 26 students. data found using student’s learning outcome test in multiple choice, teacher’s activity observation form, and students’s activity observation form. the result of this research shows that there is an increase in student’s learning outcome. it can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 35% of students passed the minimum passing criteria (70). after treatment was given in cycle i and ii, the student’s learning outcome increased significantly from 62% to 85%. keywords: learning achievement, icm type of active learning model