
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VC SDN 017 Tarakan Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Active Learning Tipe True Or False
Pengarang : Rifka Salurapa
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vc sdn 017 tarakan pada pembelajaran ips menggunakan model active learning tipe true or false. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 23 april - 30 mei 2015. subjek penelitiannya adalah siswa kelas vc sdn 017 tarakan dengan jumlah 24 siswa, dengan rincian 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus i sebesar 38 % meningkat menjadi 88 % pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran active learning tipe tipe true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sdn 017 tarakan. kata kunci: hasil belajar, active learning, true or false
Abstrak Indonesia
This type of research is classroom action research. the objective of this research was to improve students’ achievement through active learning type true or false class v-c ips on sdn 017 tarakan. the researcher conducted two cycles of action research start from 23 april to 30 mei 2015. the subject of the research was students of class v-c sdn 017 tarakan consisting of 24 students with details of 12 female students and 12 male students. the result of research that has been conducted shows that an increase in student learning achievement. this can be seen from the percentage of completeness learning achievement in cycle i of 37.5% increased to 87.5% in cycle ii. conclusion of this classroom action research is learning model, type active leaning true or false can improve students’ learning achievement in sdn 017 tarakan. keywords: student achievements, active learning, true or false