UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Kartu Kosakata Di Kelompok B TK Negeri Pembina 2 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Kartu Kosakata Di Kelompok B TK Negeri Pembina 2 Tarakan

Pengarang : Retnawati M.

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran tentang kemampuan siswa untuk berbahasa di tk negeri pembina 2 juata kerikil kota tarakan. penelitian ini dilaksanakan mulai bulan pebruari – april 2013. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, siklus i, siklus ii dan iii dengan langkah perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok b tk negeri pembina 2 tarakan yang berjumlah 26 siswa. instrumen penelitian berupa meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan metode permainan kartu kosakata. berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan pada siklus i diperoleh hasil belajar anak 19,2% pada siklus ii menjadi 57,6% dan pada siklus iii meningkat menjadi 69,2%. kata kunci: kemampuan berbahasa, permainan kartu kosakata

Abstrak Indonesia

Order to determine the increase in the effectiveness of learning about students' ability to speak in kindergarten state trustees 2 juata gravel tarakan city. this study was conducted from february - april 2013. this research is a class act that is performed in three cycles, cycle i, ii and iii cycle with steps of planning, action, and reflection observes. the subjects were all students in kindergarten group b 2 tarakan state coaches totaling 26 students. based on the research that has been carried on in the first cycle of children's learning results obtained 19.2% in the second cycle to 57.6% and in the third cycle increased to 69.2%. owing language skills of children with vocabulary card game method. keywords: proficiency, vocabulary card games