
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas V-B SDN 021 Tarakan
Pengarang : Petrus Kila
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Judul penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pkn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe nht pada siswa kelas v-b sdn 021 tarakan. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pkn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe nht pada siswa kelas v-b sdn 021 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dimana pada siklus i dilaksanakan pada tanggal 27 oktober dan 30 oktober 2014, dan siklus ii dilaksanakan pada tanggal 3 november dan 6 november 2014. jumlah keseluruhan siswa dalam kelas 29 siswa, siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang. desain penelitian ini sesuai dengan desain penelitian yang dikembangkan suharsimi arikunto terdiri 4 fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. hasil penelitian pada penelitian ini di tunjukan dalam persentase, dimana sebelum melaksankan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 41%. setelah dilaksanakan penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus i pada aspek kognitif sebesar 42%, aspek afektif sebesar 41%, dan aspek psikomotor sebesar 59%. kemudian pada siklus ii ketuntasan hasil belajar pada siklus ii pada aspek kognitif sebesar 76%, aspek afektif sebesar 76%, dan aspek psikomotor sebesar 78%. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe nht
Abstrak Indonesia
The title of this research is improving student achievement of pkn through cooperative learning model type nht in fifth grade students (v-b) class at sdn 021 tarakan. the objective of this research is to improve student achievement of pkn through cooperative learning model type nht in fifth grade students (v-b) class at sdn 021 tarakan. this research was conducted on october, first semester academic year 2014/2015, which cycle i was conducted on 27th october and 30th october 2014, and cycle ii was conducted on 3rd november and 6th november 2014. the class consisting of 29 students, male students are 14 and female students are 15. the design of this research based on the research was develop by suharsimi arikunto consists of planning, implementing, observing and reflection. the results of this research were showed by percentage, which previous result study, there were 41% students who achieve the minimum of criteria. after this research conducted, in cycle i result study of students on aspect of cognitive was 42%, aspect of affective was 41% and aspect of psychomotor 59%. then in cycle ii result study of students on aspect of cognitive was 76%, aspect of affective was 76% and aspect of psychomotor 78%. keywords: learning achievement, cooperative learning model type nht