UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Pengarang : Jumriyani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas iv-a sdn 031 tarakan ditemukan adanya permasalahan yaitu 1) siswa fasif dalam kegiatan belajar mengajar, 2) suasana kelas gaduh dan sebagian besar siswa tidak tertarik atau tidak menikmati pelajaran dan 3) kelompok belajar yang telah dibentuk tidak terjadi interaksi yang kondusif pada saat diskusi. tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pkn siswa dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together di kelas iv-a sdn 031 tarakan. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas iv-a sdn 031 tarakan yang berjumlah 25 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi / pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar pkn pada siklus i rata-rata yang diperoleh 72 dengan ketuntasan belajar klasikal 60% dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 78 dengan ketuntasan belajar klasikal 84%. kesimpulan ptk ini adalah penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas iv-a sdn 031 tarakan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran numbered heads together

Abstrak Indonesia

Based on observations in class iv-a sdn 031 tarakan found any problems, namely 1) passive students in learning activities, 2) classroom atmosphere rowdy and most students are not interested / enjoying the lesson and 3) study group has been formed not happen enabling interaction during the discussion. the purpose of this was to to determine the increase civics student learning outcomes with the application of learning model numbered heads together in class iv-a sdn 031 tarakan. subject action research (ptk) this is class iv-a sdn 031 tarakan totaling 25 students. action research (ptk) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. dala collection techniques used are tests and observation. civics learning outcomes in cycle 1 gained and average of 72 obtained by classical learning completeness 60%, and the second cycle increased learning outcomes with an average of 78 with classical learning completeness 84%. the conclusion of this ptk is the application of learning model numbered heads together to improve learning outcomes civics grade iv-a sdn 031 tarakan. numbered heads together to improve learning outcomes civics grade iv-a sdn 031 tarakan. keywords: learning outcomes, learning model numbered heads together