
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-B SDN 031 Tarakan
Pengarang : Juemi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menerapkan pendekatan scientific menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas iv-b sdn 031 tarakan. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. observasi hasil belajar sebelum penelitian, dari 24 siswa hanya 4 siswa (16,66%) yang tuntas belajar dan 20 siswa (83,4%) belum tuntas belajar. siklus i menunjukkan aktivitas mengajar guru masih berada pada nilai 69,2 dengan kriteria cukup, sedangkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan menunjukkan 16 siswa (66,66%) mencapai nilai kkm 70, pada ranah sikap rata-rata 41,66% siswa mencapai nilai dengan kriteria baik, dan pada ranah keterampilan rata-rata 64,58% siswa mencapai nilai dengan kriteria baik. siklus ii menunjukkan aktivitas mengajar guru mencapai nilai 88,5 dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa ranah pengetahuan meningkat menjadi 20 siswa (83,33%) mencapai nilai kkm 70, pada ranah sikap rata-rata 89,58% siswa mencapai nilai dengan kriteria minimal baik, dan pada ranah keterampilan 87,5% mencapai nilai dengan kriteria minimal baik. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah hasil belajar ips siswa kelas iv-b sdn 031 tarakan dapat ditingkatkan dengan penerapan pendekatan scientific menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific, model make a match
Abstrak Indonesia
This research aims to improve learning outcomes ips by applying scientific approach using cooperative learning model make a match in class iv-b sdn 031 tarakan. this classroom action research conducted in two cycles with four stages: planning, implementation, observation, and reflection. observation of learning outcomes before the study, of the 24 students only 4 students (16,66%) were thoroughly studied and 20 students (83,4%) have not been thoroughly studied. i showed activity cycle is still teacher teaching on the value of 69,2 with sufficient criteria, while the student learning outcomes in the realm of knowledge showed 16 students (66,66%) reached the kkm 70, in the realm of attitudes on average 41,66% of students achieve better value criteria, and in the realm of the average skills 64,58% of students achieving good value criteria. cycle ii shows the teacher's teaching activity reached a value of 88.5 with the criteria very well, whereas the realm of knowledge of student learning outcomes increased to 20 students (83,33%) reached the kkm 70, in the realm of attitudes on average 89,58% of students achieving good value with the minimum criteria, and in the realm of skills 87,5% achieving better value with the minimum criteria. conclusion of class action research (ptk) is learning outcomes ips class iv-b sdn 031 tarakan can be improved by the application of scientific approach using cooperative learning model make a match. keywords: learning outcomes, scientific approach, model make a match