UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Proses Pembentukan Tanah Di SDN 043 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Proses Pembentukan Tanah Di SDN 043 Tarakan

Pengarang : Joselyn Cabulong

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada materi proses pembentukan tanah pada subjek penelitian tindakan kelas (ptk) kelas v-b sdn 043 tarakan. berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif, (2) aktivitas siswa hanya mendengarkan dan menulis apa yang disampaikan oleh guru dan siswa merasa jenuh dan bosan sehingga kurang merespon materi yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. persentse ketuntasan belajar klasikal pada siklus i sebesar 65,79% meningkat menjadi 78,94% pada siklus ii. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran ipa materi proses pembentukan tanah di kleas v-b sdn 043 tarakan meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, ipa, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Abstrak Indonesia

This study aims to improve the learning outcomes of ipa on the subject of process of soil formation using classroom action research (car), in v-b class of sdn 043 tarakan. based on the result of the observation, problems existence was found, which is (1) learning is still dominated by teacher by using lecturing method which didn’t involve students actively, (2) students activity only listen and write what being conveyed by teacher, which make students feel bored and tired, which results in less response of the material presented by the teacher and resulted in low student learning outcome. this study conducted in two cycles, each consisting of planning, implementation measures, observations and reflections. data collection techniques used were written test. the research instrument used is the achievement test, teacher observation sheets and observation of students learning activities in the learning process sheet. percentage in the classical mastery learning in the first cycle increased by 65,79% to 78,94% in the second cycle. the conclusion of this action research is a cooperative learning model make a match on the learning process of the formation of ground material ipa in grade v-b sdn 043 tarakan improves student learning outcomes. keywords: learning outcomes, ipa, cooperative learning model make a match