UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Film Animasi Anak Di Kelas III-C SDN 005 Tarakan

Pengarang : Hasnia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema pekerjaan dengan menggunakan media audio visual film animasi anak di kelas iii c sdn 005 tarakan. subjek penelitiannya adalah siswa kelas iii c sdn 005 tarakan dengan jumlah siswa 20 siswa, 12 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 65% dari 20 siswa, ranah afektif 55% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedangkan pada ranah psikomotorik 45% siswa mencapai nilai kategori minimal baik. pada sisklus ii terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 80% dari 20 siswa, ranah afektif 80% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 95% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik. kesimpulan dari ptk ini adalah hasil belajar siswa kelas iii c sdn 005 tarakan pada tema pekerjaan dapat di tingkatkan dengan media audio visual film animasi anak. kata kunci: hasil belajar, media audio visual, tematik

Abstrak Indonesia

The research objective is to improve student results themes work using audio visual media film animation children in class iii c sdn 005 tarakan. subject of research is the third grade students of sdn 005 c tarakan with enrollment of 20 students, 12 students male and 8 female students. the study was conducted by 2 cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. based on the results of research carried out, ie the first cycle obtained mastery level cognitive aspects 65% of the 20 students, 55% affective students achieve better grades minimal category, while in the psychomotor domain of 45% of pupils achieve good grades minimal category. at cycle ii improvements, cognitive learning results reached 80% of the 20 students, 80% affective student with good grades and a minimum category psychomotor sphere reaches 95% of students also achieved good grades with minimal category. the conclusion of this ptk is the result of the third-grade students of sdn 005 c tarakan on the theme of work can be improved by audio-visual media animated film children. keywords: results learning, media audio visual, thematic