UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kegiatanku Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Di Kelas I-B SDN 005 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kegiatanku Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Di Kelas I-B SDN 005 Tarakan

Pengarang : Eka Listiani Pratiwi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegiatanku menggunakan pendekatan scientific berbantuan media gambar di kelas i-b sdn 005 tarakan. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. dari observasi hasil belajar sebelum penelitian hanya 8 siswa (28,58%%) mencapai nilai kkm ≥ 71, sedang 20 siswa (71,42%) belum mencapai nilai kkm. pada siklus i hasil belajar ranah pengetahuan mencapai ketuntasan 61,54% dari 28 siswa, ranah sikap 62,712% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah keterampilan mencapai 57,13% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. pada siklus ii terjadi peningkatan, hasil belajar ranah pengetahuan mencapai 79,78% dari 28 siswa, pada ranah sikap mencapai 80,94% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 79,78% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik. kesimpulan dari ptk ini adalah hasil belajar siswa kelas i-b sdn 005 pada tema kegiatanku dapat di tingkatkan dengan menerapkan pendekatan scientific berbantuan media gambar. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific, media gambar

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve the student learning outcomes the theme of my activities using a scientific approach to media-aided drawing in grade 1 b sdn 005 tarakan.research class action was conducted in two cycles with four (4) phases : p;anning,implementation, observation andreflection.of observation learning outcomes before the study only 8 student (28.58%) reached the kkm 71,were 20 student (71.42%) have not yet reched the kkm. in cycle 1 domain knowledge learning outcomes achieve mastry 64.54% of the 28 student, the realm of attitudes 62.712% of student achieving the minium category value is good, being the realm of skill reached 57.13% of student achieving good grade with minimal category, on the second cycle increased, learning outcomes realm of knowledge reached 79.78% of the 28 students, in the realm of attitudes reached 80.94% of student with good grades and a minimum category psychomotor domains reached 79.78% of student also achived good grades with minimal category. this is the conclusion of ptk student learning outcomes grade 1 b sdn 005 on the themes of my activites can be enhanced by applying a scientific approachto media-aided drawing.