UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkunganku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III SDN 014 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkunganku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III SDN 014 Tarakan

Pengarang : Dita Yuliani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada tema lingkunganku dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas iii sdn 014 tarakan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat (4) tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. dari observasi hasil belajar sebelum penelitian hanya 8 siswa (32%) mencapai nilai ipa dengan kkm 70, sedang 17 siswa (68%) belum mencapai nilai kkm. hanya 5 siswa (20%) mencapai nilai kkm 70 untuk materi matematika, sedang 20 siswa (80%) belum mencapai nilai kkm 70, dan untuk materi ips, 7 siswa (28%) mencapai nilai kkm 70 dan 18 siswa (72%) belum mencapai nilai kkm 70. pada siklus i hasil belajar ranah kognitif mencapai ketuntasan 68% dari 25 siswa, ranah afektif 40% siswa mencapai nilai kategori minimal baik, sedang pada ranah psikomotorik mencapai 56% siswa mencapai nilai dengan kategori minimal baik. pada siklus ii terjadi peningkatan, hasil belajar ranah kognitif mencapai 84% dari 25 siswa, pada ranah afektif mencapai 88% siswa dengan nilai kategori minimal baik dan ranah psikomotorik mencapai 84% siswa juga mencapai nilai dengan kategori minimal baik. kesimpulan dari ptk ini adalah hasil belajar siswa kelas iii sdn 014 pada tema lingkunganku dapat di tingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. kata kunci: hasil belajar, model make a match, tematik

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to improve the results of the study on the theme of lingkunganku cooperative learning model by using the type to make a match in the class iii sdn 014 tarakan class action research was conducted in two cycles with four (4) phases namely: planning, implementation, observation and reflection. observation of the results of the study before the research is just 8 students (32%) was achieved with ipa values kkm 70, while 17 students (68%) have not yet reached the value of kkm. only 5 students (20%) reaches the value of mathematical material 70 to kkm, currently 20 students (80%) have not yet reached the value of kkm 70, and the ips material, 7 students (28%) and reached a value of kkm 70 and 18 students (72%) have not yet reached the value of kkm 70. on the cycle of the cognitive domain of learning results i achieve ketuntasan 68% of 25 students, 40% of students affective domain reaches the minimum category value is good, being in the realm of psychomotor reached 56% of students achieving a minimal category with good value. in cycle ii, the result of an increase in the cognitive domain of learning achieved 84% of 25 students, in the realm of affective achieved 88% of students with a minimum category value well and psychomotor domain reaches 84% of students also achieve a minimal category with good value. the conclusions of this study is the result of ptk grade iii sdn 014 on themes lingkunganku can increase with the use of cooperative learning model type to make a match. keywords: learning outcomes, the model make a match, thematic