UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Materi Alat Pernapasan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-A SDN 020 Sebengkok

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Materi Alat Pernapasan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V-A SDN 020 Sebengkok

Pengarang : Aida Maryana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2015
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar ipa pada masing-masing individu dan kelompok peserta didik, mengetahui aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran sedang berlangsung, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran examples non examples. metode penelitian berisikan rancangan penelitian dimana jenis penelitian yang diambil adalah penelitian tindakan kelas. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan dari hasil observasi peneliti menggunakan lembar kerja siswa, lembar aktivitas guru, dan tes hasil belajar (thb). teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk menentukan ketuntasan belajar secara individual dan ketuntasan belajar secara klasikal. hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. hasil belajar siswa pada siklus i ketuntasan belajar 46.42% dan pada siklus ii ketuntasan belajar klasikal 85.71%. kata kunci: hasil belajar, ipa, model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples

Abstrak Indonesia

The objective of the research was to know the application of examples non examples toward science learning achievement on each individual and group of students activity during learning process, and to respond students towards learning by using examples non examples type. research design of this research was class action research. class action research was conducted in two cycles. each cycle consist of four stages they are : planning, implementing, observing and reflecting. technique of collecting data used was students worksheet, teachers worksheet, and test of result. technique of analyzing data used was to consider learning achievement both individually and students achievement. it can be seen on the result gained on each cycle. students achievement on the cycle i was 46.42% and on the cycle ii, classical learning achievement was 85.71%. keywords: students achievement, science (ipa), cooperative learning method of examples non examples type