
Penggunaan Tipe Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III Di SDN 002 Sungai Tubu
Pengarang : Yusten
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia di kelas iii sdn. 002 sungai tubu, desa long titi, kecamatan sungai tubu. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian tindak kelas kolabortif. dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap dalam seiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan dan observation serta refleksi. metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dan observasi. hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar dapat dikatakan dalam kategori baik. hal ini dibuktikan dalam proses belajar mengajar pada pertemuan siklus i aspek afektif memiliki nilai rata-rata 83.21 kemudian mengalami peningkatan pada siklus ii menjadi 89.39, kemudian pertemuan siklus i aspek psikomotor memilki nilai rata-rata 79.36 kemudian mengalami peningkatan pada siklus ii manjadi 95.27, pertemuan siklua i aspek kognitif memiliki niali rata-rata 77,25 kemudian mengalami peningkatan pada siklus ii menjadi 90,56, jadi jenis pembelajaran role playing perlu digunakan oleh setiap guru untuk memperoleh nilai siswa yang lebih baik. berdasarkan dari hasil data-data yang diambil pada masing-masing siklus, hanya sebagian kecil siswa yang belum mengerti dengan model pembelajaran role playing, karena belum memahami metode-metode dalam pembelajaran yang diajarkan oleh guru.
Abstrak Indonesia
This studi aims improve learning outcomes indonesia in class iii sdn. 002 tubu rivers, titi long village, district tubu rivers, type of study used in this study is the type of follow-class research collaborative. in this study consisted of three stage in each cycle, namely planning, action and observation and reflection. the method used in this research is test and observation. the result of this study indicate that student learning outcomes can be said to be in both categories. this is evidenced in the learning process at the meeting of the first cycle aspects of affective have an average value 83.20 and then increased in the second cycle into 89.39, then meeting the first cycle aspects of psychomotor has an average value 79.36 and then increased in second cycle into 95.27, meeting cognitive aspects of the first cycle has an average value of 77.25 and then increased in the second cycle into 90.56, so the type of instructional role playing should be used by every teacher to earn better student. based on the result of the data taken during each cycle, only a minority of students who do not understand the learning model role playing, because not understanding the methods of learning taught by the teacher.