UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Membaca Suku Kata Dan Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas I SDN 004 Malinau Selatan Hilir

Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Membaca Suku Kata Dan Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas I SDN 004 Malinau Selatan Hilir

Pengarang : Yohanes Yan

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas i sdn 004 malinau selatan hilir. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 004 malinau selatan hiir pada semester ii tahun ajaran 2015/2016. subjek penelitian adalah siswa kelas i sdn 004 malinau selatan hilir yang berjumlah 22 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 11 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakkan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas i sdn 004 malinau selatan hilir. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 57% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif tetap 57% pada siklus ii meningkat menjadi 93%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to know improve students’ learning result in indonesian language on reading syllable and simple sentences at class i of sdn 004 malinau selatan hilir. this research applied by using word card at first grade students at class i of sdn 004 malinau selatan hilir. the research design used by the researcher was classroom action research (car) conducted in sdn 004 malinau selatan hilir in semester ii academic year 2015/2016. the subject of this research was the students at class i of sdn 004 malinau selatan hilir. the number of the students in this class was 22 students of 11 females and 11 males. this research was conducted in two cycles. each cycle consisted of two meetings. the procedure of each cycle consisted of planning, acting or implementing, observing and reflecting. the data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, and cognitive assessment. the result of this research proved that by applying word card could improve students’ learning result in indonesian language at class i of sdn 004 malinau selatan hilir. it could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. the percentage of success was 57% only before applying the media. whereas, after applying the media in cycle i, students’ percentage of success in cognitive aspect was 57 % and improved to 93 % in cycle ii. therefore it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success.