UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 004 Pujungan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 004 Pujungan

Pengarang : Uding Jalin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan dan operasinya model pembelajaran kooperatif tipe make a macth pada siswa kelas iii sdn 004 pujungan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 004 pujungan pada semester i tahun ajaran 2016/2017. subjek penelitian adalah siswa kelas iii sdn 004 pujungan yang berjumlah 6 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 3 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan dan operasinya siswa kelas iii sdn 004 pujunagn. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 75% pada siklus ii meningkat menjadi 92%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 79% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 79% pada siklus ii meningkat menjadi 92%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, siswa

Abstrak Indonesia

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning civic especially for globalization material by implementing cooperative learning type of make a macth at the iii class in sdn 004 pujungan. the research design of this study is classroom action research (car) that is done in sdn 004 pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. the subjects of this research are students of iii class in sdn 004 pujungan which consists of 3 male and 3 female students. the research is conducted in two cycles. each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. the data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. the result of this research shows that by implementing cooperative learning type of make a macth can improve students’ achievement in learning civic especially for operation and amount material at the iii class in sdn 004 pujungan. it can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle i, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle ii, that is 92%. in addition, in cycle i, and having an improvement in cycle ii, that is 100%. therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. keywords: learning achievement, model of cooperative learning type make a macth, student