UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Petunjuk Penggunaan Alat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 005 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Petunjuk Penggunaan Alat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV SDN 005 Sesayap

Pengarang : Suparno

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples kelas iv sdn 005 sesayap. p.penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam 2 siklus, masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus i ke siklus ii. pada siklus i sebesar 55,56% meningkat menjadi 88,89% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada materi petunjuk penggunaan alat kelas iv sdn 005 sesayap dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, bahasa indonesia, model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples

Abstrak Indonesia

This classroom action research (ptk) aims to improve the student results in indonesian language learning using cooperative learning model of examples non examples at class iv sdn 005 sesayap. the classroom action research (ptk) is implemented using media images in 2 cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. classical learning completeness increased from the first cycle to the second cycle. in the first cycle of 55.56% increased to 88.89% in the second cycle. the use of cooperative learning model of examples non examples can improve student learning achievement. keywords: learning achievement, indonesian, cooperative learning model, examples non examples