
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas V SDN 008 Sesayap Hilir
Pengarang : Rini Aspinarti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar ips materi masa kejayaan dan peninggalan kerajaan di nusantara menggunakan model pembelajaran kontektual pada siswa kelas v sdn 008 sesayap hilir. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (ptk) dengan dua siklus. tiap siklus dilakukan masing-masing dua pertemuan. subjek penelitian ini adlaah siswa kelas v sdn 008 sesayap hilir. data dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. hasil analisis menunjukkan peningkatan siklus i dan ii hasil belajar rata-rata 44 pada pertemuan i dan pertemuan ii rata-rata 94,5 dan hasil peningkatan aktivitas guru pada siklus i pada pertemuan i rata-rata 60 dan pertemuan ii rata-rata 66,6 pada siklus ii pada pertemuan i rata-rata75 dan pada pertemuan ii rata-rata 59.98 pertemuan ii rata-rata 71,64 pada siklus ii pertemuan i rata-rata 81,64 dan pertemuan ii rata-rata 98,98. penelitian ini dapat disimpulkan bahwaa model pembelajaraan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 008 sesayap hilir. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kontekstual
Abstrak Indonesia
The objective of this research was improve the social science learning achievement by using contextual teaching and learning model at class v of sdn 009 sesayap hilir in subject of the triumph time and heritage kingdom in archipelago using contextual teaching and learning activity at class v sdn 008 sesayap hilir. this research employed a classroom acftion research with two cycles. reach cycle was done in two meetings. subject of this research is student at class v sdn 008 sesayap hilir. the data were collected by using this research instrument namely achievement test in essay test observation sheet for teacher activity and the observation sheet for student’s activity. the result of data analysis show the improvement in first cycle and second cycle by average 44 at the first cycle the second cycle by average 94,5 and the result of teacher’s activity at the first cycle and the second meeting by average 60 and the secondmeeting average 66,6 at the second cycle at the first meeting by average 75 and the second meeting by average 93,3 and result student activity at the first cycle. at the first meeting average 81,64 and second meeting by average 98,98. this research can be conclude that contextual teaching and learning model can improve the social science learning achievement by using contextual learning model at class v of sdn 008 sesayap hilir. keywords: learning achievement, the application of contextual learning model