UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Tematik Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas II SDN 008 Sesayap Hilir

Penerapan Pendekatan Tematik Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas II SDN 008 Sesayap Hilir

Pengarang : Noni Yulianti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas ii sdn 008 sesayap hilir yang berjumlah 10 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk isian, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 59,71% dari kriteria ketuntasan minimum (75). setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66% sampai 76% masing-masing siklus. dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan pendekatan tematik berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas ii sdn 008 sesayap hilir.

Abstrak Indonesia

This type of research is a class action research that is carried out in two cycles. the design of this study consists of planning, implementing, observing, and reflecting. the subjects of this study were grade ii students of sdn 008 sesayap hilir totaling 10 students, data obtained using student learning outcomes tests in the form of fill-in, teacher activity observation sheets and student activity observation sheets in learning management. the analysis technique used is quantitative data analysis technique. the results of this study show that there is an improvement in student learning outcomes. it can be seen from the results obtained in each cycle, before being given the classical learning completion action only reached 59.71% of the minimum completion criteria (75). after action is performed in cycle i and cycle ii, learning achievement increases gradually from 66% to 76% each cycle. it can be concluded that the use of a thematic approach assisted by image media can improve the learning outcomes of grade ii students of sdn 008 sesayap hilir.