UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca Dan Musim Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Metode Demonstrasi Di Kelas I SDN 009 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca Dan Musim Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Metode Demonstrasi Di Kelas I SDN 009 Tanjung Palas

Pengarang : Nasrah Abbas

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada materi cuaca dan musim menggunakan pendekatan saintifik dan metode demonstrasi di kelas i sdn 009 tanjung palas. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek penelitian adalah siswa kelas i sdn 009 tanjung palas yang berjumlah 20 siswa. data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan afektif siswa, dan lembar pengamatan psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 54,54% dari kriteria ketuntasan minimum 68. setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 60,00% menjadi 75,00% masing-masing siklus. penilaian afektif dan psikomotorik siswa telah mencapai kategori baik. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan pendekataan saintifik dan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar ipa materi cuaca dan musim di kelas i sdn 009 tanjung palas. kata kunci: hasil belajar, ipa, pendekatan saintifik, metode demonstrasi

Abstrak Indonesia

This study aims to improve learning outcomes in the material science of weather and seasons using the scientific approach and method demonstrations in class i sdn 009 tanjung palas. this research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. subjects were students in class i sdn tanjung palas totaling 20 students. data obtained using achievement test in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, student observation sheet affective, psychomotor and observation sheet of students in learning management. these results indicate that an increase in student learning outcomes. the results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 54.54% of the minimum completeness criteria 68. after the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 60.00% to 75, 00% of each cycle. assessment of affective and psychomotor student has achieved good category. conclusion action research (ptk) is the application of scientific approach and demonstration methods to improve learning outcomes ipa matter the weather and seasons in class i sdn 009 tanjung palas. keywords: learning outcomes, ipa, scientific approach, method demonstrations