UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 009 Sesayap Hilir

Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 009 Sesayap Hilir

Pengarang : Moh. Said

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa materi alat pernafasan pada manusia menggunakan model pembelajaran exprential learning di kelas v sdn 009 sesayap hilir. dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (ptk) dengan dua siklus. bentuk tes berupa soal pilihan ganda dan isian. soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas v sdn 009 sesayap hilir dengan jumlah siswa 14 orang. teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa). hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ipa siswa melalui penerapan metode exprential learning pada materi pernafasan pada manusia. rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 66,6% pada siklus i menjadi 100% pada siklus ii. peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik. kata kunci: hasil belajar, pembelajaran experiential learning

Abstrak Indonesia

The purposed of this research is to improve student’s result study in learning science in subject human respirator using experiential learning model in class v sdn 009 sesayap hilir. the implementation of this research using classroom action research with two cycle. test model like option test and essay. the test adapted with instruction purpose which formulated. the samples of this research are students in class v sdn 009 sesayap hilir with student number 14 person. the data collection technique used is qualitative (student’s attitude) and quantitative (student’s result study). the analysis result showed that the improvement students result study of science by implementation of experiential learning method in subject human respirator. the average result study improves from 66.6 % at the first cycle become 100% at the second cycle. the improvement proved that student’s mastery level can categorized very good. keywords: result study, experiential learning method