
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mengenal Pemerintahan Desa Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Sesayap
Pengarang : Masri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar pkn materi mengenal pemerintahan desa menggunakan metode tutor sebaya. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 012 sesayap yang berjumlah 10 siswa. data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 69% dari kriteria ketuntasan minimal (70). setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan ii pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 69% sampai 86% masing-masing siklus. dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar menggunakan tutor sebaya dapat meningkatkan pembelajaran pkn pada siswa kelas iv sdn 012 sesayap, tana tidung.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve the students’ citizenship education achievement in subject to know village reign use peer tutor method. this research employed classroom action research (car) which was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, analysis and reflection. the subject of this research was the students’ of class iv sdn 012 sesayap which consisted of 10 students. the data were obtained by using essay. the result of this research showed that was on improvement on student learning achievement. this could be seen from the result of each cycles. the prior learning mastery classically reached only...69% from the minimum passing grade (70). but after impementing the action of cycle i and ii the learning achevement gradually improved from 69% to 86%. it could be down a conclusion that the use of peer tutor method learning strategy could improve the students’ citizenship eduation achievement at class iv sdn 012 sesayap, tana tidung.